Pengaruh Iklan Media Cetak Terhadap Jumlah Transaksi Mitra Iqra Plus di Asuransi Bumiputera Syariah Kantor Syariah Tasikmalaya (Penelitian Di Asuransi Bumiputera Syariah Kantor Cabang Tasikmalaya)

  • Ai Mirnawati IAILM Suryalaya Tasikmalaya
Keywords: Iklan Media Cetak, Jumlah Transaksi

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh salah satu upaya perusahaan dalam mengembangkan dan memajukan perusahaan tersebut melalui promosi yang salah satunya melalui iklan media cetak. Hal ini dilakukan supaya bisa menarik calon peserta asuransi supaya bisa meningkatkan jumlah transaksi. Adapun dari tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis 1) promosi iklan media cetak yang dilakukan oleh Asuransi Bumiputera Syariah Kantor Cabang Tasikmalaya 2) jumlah transaksi mitra iqra plus di Asuransi Bumiputera Syariah Kantor Cabang Tasikmalaya setelah melakukan promosi iklan media cetak, 3) pengaruh iklan media cetak terhadap jumlah transaksi mitra iqra plus di Asuransi Bumiputera Syariah Kantor Cabang Tasikmalaya. Penelitian ini melakukan metode kuantitatif, teknik pengumpulan data ini dengan studi lapangan melalui observasi langsung ke tempat penelitian, penyebaran kuesioner, wawancara, dokumentasi melalui dokumen-dokumen naskah atau laporan, serta dari beberapa buku yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Teknik analisis data dengan uji instrument menggunakan uji validitas, reabilitas dan normalitas sedangkan untuk pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana, uji simultan F (uji f), uji parsial (uji t), dan uji perhitungan koefisien determinasi. Berdasarkan kajian teori dan analisis data yang telah peneliti paparkan di atas, maka dapat di simpulkan sebagai berikut: 1). Iklan media cetak yang dilakukan oleh Asuransi Bumiputera Syariah Kantor Cabang Tasikmalaya adalah cukup baik karena promosi yang dilakukan hanya sekali. Baik itu tingkat kantor cabang maupun di tingkat kantor pusat, 2). Jumlah transaksi di Asuransi Bumiputera Syariah Kantor Cabang Tasikmalaya selama beberapa tahun terakhir adalah cukup baik hal tersebut dapat dilihat dari meningkatnya jumlah transaksi yang dilakukan peserta asuransi, 3). Dilihat dari hasil perhitungan hasil uji t yaitu t hitung > t tabel 6,033 > 1,70814. Dari uji F di peroleh tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 maka iklan media cetak berpengaruh signifikan terhadap jumlah transaksi. Dari tabel koefisien Korelasi (R)  dan Koefisien Determinasi (R2) R2 = 0,221 yang artinya bahwa  iklan media cetak (X) berpengaruh  sebesar 22,1%  terhadap jumlah transaksi (Y). Sedangkan sisanya 77,9% dipengaruhi oleh variabel lain diluar variabel yang diteliti.

References

Abdurrahman Nana Herdiana. 2012. Manajemen Bisnis Syariah dan Kewirausahaan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Alma Buchari. 2014. Manajemen Pemasaran dan Pemasarang jasa. Bandung: Alfabeta.

Anton M. Moeliono dkk. 1999. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Arikunto Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu PendekatanPraktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azis Abdul. 2010. MANAJEMEN INVESTASI SYARIAH. Bandung: Alfabeta.

Bungin Burhan. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana

Hadi Sutrisno. 1984. Metodologi research 2. Yogyakarta Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi UGM.

Isgiyanto Awal. 2009. Teknik Pengambilan Sampel pada Penelitian Non Ekserimental. Yogyakarta: Mitra Cendekia Press.

Iriantara dan Yani Surachman. 2006. PR WRITING Pendekatan Teoretis dan Praktis. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Janwari Yadi. 2005. Asuransi Syariah. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Kasmir. 2004. Pemasaran Bank. Jakarta: Prenada Media.

Nur Rianto Al Arif. 2012. Dasar-dasar Pemasaran Bank Syariah. Bandung: Alfabeta.

Palupi dkk. 2006. Advertising that sells. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Rambat Lupiyoadi, A. Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Reksohadiprodjo Sukanto. 1987. Manajemen Strategik. Yogyakarta: BPFE.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta.

Sunyoto Danang. 2014. Praktik Riset Perilaku Konsumen (Teori, Kuesioner, Alat, dan Analisis Data). Yogyakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service).

Veithzal Rival Zaina. Firdaus Zaelani. dkk. 2017. Islamic Marketing Management. Jakarta: Bumi Aksara.

Sumber Internet :

http:/kbbi.web.id/transaksi

https://mukhtar17luthfy.wordpress.com/2012/09/24/transaksi-menurut-para-ahli/


##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName##:
Published
2023-06-25
How to Cite
Mirnawati, A. (2023). Pengaruh Iklan Media Cetak Terhadap Jumlah Transaksi Mitra Iqra Plus di Asuransi Bumiputera Syariah Kantor Syariah Tasikmalaya (Penelitian Di Asuransi Bumiputera Syariah Kantor Cabang Tasikmalaya). ANTARADHIN: Jurnal Ekonomi Syariah Kontemporer, 4(1), 55-65. Retrieved from http://jurnal.iailm.ac.id/index.php/antaradhin/article/view/890
Section
Articles